Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Peningkatan kapasitas Pemerintah Desa Kemadu

"Ning" Admin SID Kemadu | 30 November 2019 16:00:00 | Berita Desa | 188 Kali

Sepuluh Pemerintah Desa Kemadu melaksanakan studi banding pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Desa Borobudur Magelang  Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan tanggal 29-30 November 2019. Bapak Kepala Desa Kemadu H Taslim Widiyanto mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada rombongan kami, beliau juga menyampaikan maksud dan tujuan studi banding yaitu mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman tata kelola BUMDes Graha Mandala.

Bapak Yuswanto pengurus BUMDes memaparkan bahwa gambaran umum BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada. BUMDes Graha Mandala dibentuk berdasarkan Peraturan Desa Desa (Perdes) Borobudur nomor : 188.4/10/Perdes/XI/2012 tanggal 1 November 2012 tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Graha Mandala, dan akte notaris : Georgius Marius Eliasar, SH. Nomor 2 tanggal 20 Juni 2013. Lokasi usaha terletak di lingkungan Desa Borobudur Magelang Jawa Tengah, Jln. Medang Kamolan No. 7 Borobudur Magelang. Jenis usaha berdasarkan akte pendirian perusahaan yaitu dibidang pembangunan, perdagangan, perbengkelan dan jasa. Usaha-usaha yang dilakukan BUMDes adalah kerja sama dengan pihak ke-3, yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Usaha-usaha tersebut diantaranya adalah unit usaha kereta wisata, unit usaha toilet, laundry sarung, gerai oleh-oleh dan souvenir, kolam renang anak-anak, unit usaha pedagang kaki lima dan parkir, BALKONDES Borobudur, home stay, agro wisata kebun kelengkeng, dan explore Borobudur (mobil VW safari). 

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, Bapak Safuandi Sekdes Desa Kemadu ingin mengetahui bagaimana pengelolaan BUMDes dalam hal pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan sampai penyusunnan laporan-laporan. Kemudian pak Suherman (mantan KADES)  membagikan pengalamannya dalam melaksanakan  kegiatan tersebut, dan berharap materi yang telah disampaikan maupun diskusi yang telah dilaksanakan dapat diterapkan di Desa Kemadu.

Acara kemudian ditutup dengan makan bersama di BALKONDES Borobudur.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung