Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

RAPAT KOORDINASI KADER POSYANDU

"Ning" Admin SID Kemadu | 10 Juni 2022 11:13:02 | Berita Desa | 190 Kali

Berita Desa Kemadu,

Pada hari ini Jumat tanggal 10 Juni 2022 Pemerintah Desa Kemadu menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi kader POSYANDU. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Balaidesa Kemadu. Peserta yang hadir sejumlah 35 kader POSYANDU balita dan 10 kader POSYANDU lansia. 

Dalam sambutannya Bapak Mohamad Juwahir Kepala Desa Kemadu menyampaikan bahwa kegiatan POSYANDU merupakan kegiatan rutin bulanan yang bertujuan diantaranya yaitu memantau pertumbuhan berat badan, memberikan konseling gizi serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar. Sedangkan kader POSYANDU merupakan anggota masyarakat yang dipilih, mau dan mampu bahkan secara sukarela untuk menangani pelayanan POSYANDU secara rutin. Untuk tahun ini Pemerintah Desa Kemadu tidak hanya menganggarkan PMT, tetapi ditambah dengan multivitamin dengan tujuan supaya balita-balita sehat tidak kurang gizi dan jangan sampai stunting. Pada kesempatan ini rakor kader akan diisi pembinaan mengenai tata cara POSYANDU yang benar baik itu secara pelaksanaan maupun secara administrasi, dan nanti akan dipandu oleh Ibu Rohmah dan Ibu Erika Buwana Ilmiani dari UPT Puskesmas Sulang.

Ibu Rohmah menyampaikan bahwa kader POSYANDU merupakan perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak dan berperan aktif untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan lebih produktif. Kegiatan peningkatan kapasitas kader POSYANDU seperti ini sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader POSYANDU, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik. 

Kader POSYANDU memiliki tugas diantaranya :

1. Memberitahukan hari dan jam POSYANDU kepada masyarakat.

2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan POSYANDU seperti buku catatan dan alat-alat.

3. Menyiapkan PMT.

4. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil (untuk POSYANDU balita), pendaftaran lansia (untuk POSYANDU lansia).

5. Melakukan penimbangan, ukur tinggi badan, ukur lingkar kepala (untuk POSYANDU balita).

6. Mencatat penimbangan dan hasil kegiatan.

7. Melakukan penyuluhan perorangan kepada ibu-ibu di meja IV.

8. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada ibu hamil, ibu yang mempunyai bayi dan pasangan usia subur.

Selain penyampaian materi, Ibu Rohmah juga mengajarkan bagaimana cara pengisian buku-buku administrasi yang harus dilengkapi di kegiatan POSYANDU.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung