Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Upaya pencegahan covid 19

"Ning" Admin SID Kemadu | 28 Maret 2020 13:25:00 | Berita Desa | 200 Kali

Corona virus disease 19 sering juga disebut covid 19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia, gejala yang muncul diantaranya adalah flu, demam, batuk hingga sesak napas. Virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Virus corona berasal dari kota Wuhan China yang muncul pada Desember 2019 dan sekarang ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus tersebut. Namun Pemerintah Desa Kemadu bersama warga Desa Kemadu sudah melakukan upaya pencegahan penularan virus corona diantaranya Pemerintah Desa membuat surat edaran Nomor 440/ 01/ III/ 2020 Tentang Peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi corona virus disease 19 di Desa Kemadu. Surat edaran berisi himbauan  kepada seluruh masyarakat Desa Kemadu untuk :

1. Tidak mengundang masa dalam jumlah banyak baik ditempat umum maupun lingkungan sendiri.

2. Tetap tenang, tidak panik dan mengikuti himbauan dari Pemerintah.

3. Jangan terpengaruh dengan berita yang belum jelas kebenarannya.

4. Melaporkan kepada Pemerintah Desa bila ditemukan warga atau pendatang yang berasal dari daerah yang terpapar covid 19.

5. Selalu mencuci tangan setiap hari menggunakan sabun.

6. Memakai masker bagi warga yang sakit.

7. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun ditiap-tiap rumah, rumah makan, warung-warung, bengkel dan tempat usaha lainnya.

8. Tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

9. Tidak keluar rumah apabila tidak ada urusan yang sangat penting.

Pemasangan benner berisikan himbauan-himbauan pencegahan covid 19 juga dipasang di tempat-tempat strategis.

Selain itu Pemerintah Desa Kemadu juga memberikan himbauan dan arahan kepada masyarakat Desa Kemadu melalui pengeras suara menggunakan kendaraan roda empat mengelilingi Desa, "Pak, bu, dulur-dulur sedoyo, apabila ada saudara atau tetangga yang baru datang dari merantau atau dari luar kota agar melaporkan ke pihak Desa, sementara tenguk-tenguk omah wae, jaga kesehatan, jaga kebersihan " sepenggal himbauan yang disampaikan oleh Pak Nur Khamim Perangkat Desa Kemadu.

Masyarakat pun antusias dalam rangka pencegahan covid 19 ini yaitu sudah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di depan rumah. Ada yang beli tempat cuci tangan dan ada pula yang membuat sendiri dari toples besar maupun ember bekas. Selain itu dengan cara swadaya di wilayah masing masing mulai dari RW 1 sampai RW 7 juga melakukan penyemprotan disinfektan di tiap tiap rumah, "Kangge tumbas disinfektan sakmeniko ngangge arto kas RT lan swadaya warga, mugi-mugi wabah meniko enggal ilang" tutur pak Kusnadi ketua RT 4 RW 7. Penyemprotan dilakukan mulai hari Sabtu 28 Maret 2020 dan akan dilanjutkan hari berikutnya. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kemadu dalam upaya pencegahan covid 19 ini, dan semoga wabah ini segera berakhir, Aaamiin. 

 

Dokumen Lampiran : Upaya pencegahan covid 19


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung